Resensi Film ; Situs Untuk Maniac Film

http://www.dickinson.edu/departments/sustainability/Film_Roll.jpg
Film adalah salah satu bentuk karya seni yang menjadi fenomena dalam kehidupan modern, setelah ditemukan media untuk mengapresiasikannya tentunya. Sebagai objek seni abad ini, film dalam prosesnya berkembang menjadi salah satu bagian dari kehidupan sosial, yang tentunya memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada manusia sebagai penonton. Hal ini sesuai yang dikatakan oleh Sumarno (1998) yang mengatakan bahwa Film adalah sebuah seni mutakhir dari abad 20 yang dapat menghibur, mendidik, melibatkan perasaan, merangsang pemikiran, dan memberikan dorongan terhadap penontonnya. Pengaruh terhadap khalayak luas sebagai penonton ini lebih jauh misalnya sebuah film dapat menjadi media menghibur masyarakat dalam bentuk komedi, atau bisa juga mendidik melalui film dokumenter, dan lain sebagainya.Dunia film, pada dasarnya juga sebuah bentuk pemberian informasi kepada masyarakat. Film juga memiliki kebebasan dalam menyampaikan informasi atau pesan-pesan dari seorang pembuat sineas kepada para penontonnya. Kebebasan dalam hal ini adalah film seringkali secara lugas dan jujur menyampaikan sesuatu, di pihak lain film juga terkadang malah disertai tendensi tertentu, misalnya ingin mendeskripsikan suatu tema sentral.

Berdasarkan maksud ingin memberikan informasi, secara umum film dikelompokkan menjadi dua pembagian besar yaitu film cerita dan noncerita. Film cerita adalah film yang menyajikan kepada publik sebuah cerita dan mengandung unsur-unsur yang menyentuh rasa manusia. Film yang bersifat auditif visual, yang dapat disajikan kepada publik dalam bentuk gambar yang dapat dilihat dengan suara yang dapat didengar, dan yang merupakan suatu hidangan yang sudah masak untuk dinikmati,sungguh merupakan suatu medium yang bagus untuk mengolah unsur-unsur tadi. Film itu sendiri mempunyai banyak unsur–unsur yang terkonstruksikan menjadi satu kesatuan yang menarik. Unsur-unsur seks, kejahatan/kriminalitas, roman, kekerasan, rasisme, dan sejarah adalah
unsur-unsur cerita yang dapat menyentuh rasa manusia, yang dapat membuat publik terpesona, yang dapat membikin publik tertawa terbahak-bahak, menangis terisak-isak, dapat membuat publik dongkol, marah,terharu, iba, bangga, gembira, tegang, dan lain-lain. Maka diambilah episode-episode dari kitab Injil, kisah-kisah dari sejarah, cerita nyata dari kehidupan sehari-hari, atau juga khayalan untuk kemudian diolah menjadi film (Effendy, 2003).

Film sebagai seni yang sangat kuat pengaruhnya dapat memperkaya pengalaman hidup seseorang, dan bisa menutupi segi-segi kehidupan yang lebih dalam. Film bisa dianggap pendidik yang baik. Selain itu film selalu diwaspadai karena kemungkinan pengaruhnya yang buruk.

nah setelah panjang lebar akhirnya tahu juga khan apa itu Film, keberadaannya dalam masyarakat kini tidak bisa dipungkiri lagi, nyata senyata-nyatanya dan tidak mungkin dapat dihindari. pada masyarakat di zaman sekarang misalnya, film merupakan alternatif hiburan yang dapat menurunkan penat seharian. jika anda ingin mengetahui review fiml-film terbaru, juga tentang gossip dan resensinya, anda bisa mengunjungi situs berikut ini sebagai bahan referensi. thanks

Resensi Film

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar... Jangan lupa untuk klik Tukar Link... Thanks

pengikut xyz